Selasa, 18 Juni 2013

Ini Tandanya Tubuh Mengalami Dehidrasi


Foto: Ilustrasi/Thinkstock

Jakarta, Jangan malas minum agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Pun ketika Anda melakukan ibadah haji di Tanah Suci. Cuaca terik plus malas minum akan membuat tubuh rentan dehidrasi. Nah, apa saja tandanya jika tubuh mengalami dehidrasi?

dr. Zainal Muttaqien dari Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran UGM menyebut jika seseorang mengalami dehidrasi, tandanya adalah tubuh mudah lelah, mudah terkena flu, dan daya tahan tubuh menurun. Hal ini terjadi karena tekanan darah menurun, serta saraf sympathic atau stres dalam tubuh diaktifkan.

Lalu apa yang harus dilakukan saat dehidrasi menyerang? dr. Zainal Muttaqien menyarankan untuk minum dan mandi.

"Bukan dengan minum parasetamol atau memberi injeksi, karena demam dan menurunnya nafsu makan terjadi akibat dehidrasi," jelasnya dalam acara Pocari Sweat Seminar Haji 2013 dengan tema 'Risiko Dehidrasi di Tanah Suci' yang bertempat di Le Meridien Hotel, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Tanda-tanda lainnya saat seseorang mengalami dehidrasi adalah haus, pusing, mual, dan mudah tersinggung. Nah, jika tanda seperti itu Anda rasakan, segerakan minum air. Apabila Anda sedang melakukan ibadah haji, jangan khawatir keurangan air minum, karena di sepanjang jalan di Arab Saudi seperti di Makkah, Arafah dan Mina sudah disediakan air melalui keran-keran.

"Jadi, kebutuhan air pun insya Allah dapat terpenuhi," sambung dr Zainal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011
Perawatan Wajah Alami

Powered by
Free Blogger Templates