Selasa, 31 Januari 2012

obat antiinflamasi

Tentu kita sering mendengar apa itu Obat Antiinflamasi, sebenarnya apa yang di magsud obat Antiinflamasi yang termasuk dalam kategori ilmu farmakologi tersebut ? mari kita belajar bersama - sama.

Yang di sebut Inflamasi adalah respon cedera jaringan dan infeksi. Proses Inflamasi merupakan suatu mekanisme perlindungan dimana tubuh berusaha untuk menetralisir dan membasmi agen - agen yang berbahaya pada tempat cedera untuk mempersiapkan keadaan untuk perbaikan jaringan.
 id=
Infeksi dan Inflamasi tidak dapat dianggap sama, Infeksi tersebut disebabkan oleh mikro organisme dan menyebabkan Inflamasi, namun tidak semua inflamasi disebabkan oleh infeksi.

Adapun tanda - tanda utama dari Inflamasi adalah kemerahan, panas, pembengkakan ( edema ), nyeri dan hilangnya fungsi. Berbagai mediator kimia dilepaskan selama proses Inflamasi, salah satunya Prostaglandin. Obat - obatan seperti Aspirin menghambat biosintesa prostagladin sehingga obat ini dikenal dengan penghambat prostagladin. karena penghambat prostagladin mempengaruhi proses Inflamasi maka disebut juga agen - agen Inflamasi.

Agen - agen Antiinflamasi mempunyai kasiat tambahan seperti meredakan nyeri ( Analgesik ) , penurun panas ( Antipiretik ). setelah dilakukan riset untuk obat yang efektiftif dan efek samping minimal, maka dikenalkan obat - obat Antiinflamasi non steroid atau NSAID ( Non Steroidal Antiinflamatory Drug ) yang mempunyai efek - efek Antiinflamasi kuat yang mempunyai efek kortikosteroid tetapi secara kimia tidak ada hubunganya.

Jenis obat - obatan Antiinflamasi nonsteroid diantaranya adalah : NSAID merupakan obat - obat yang menghambat prostagladin, lebih cocok untuk mengurangi pembengkakan, nyeri dan kekauan sendi. Ada 7 kelompok NSAID yaitu salisilat, derivat asam para klorobenzoat, devirat asam propionat, fenamat, oksikam, asam - asam fanilasetat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011
Perawatan Wajah Alami

Powered by
Free Blogger Templates